RPP

 

PENENTUAN WAKTU EFEKTIF

I.                   UMUM

  1. Sekolah                  : SMPN 3 GIANYAR
  2. Kelas                     : VII
  3. Semester                : Ganjil
  4. Mata Pelajaran       : Matematika
  5. Jam per  Minggu    : 4 jam
  6. Hari                       : Senin ( 2 jam), Kamis (2 jam)
    II.                JAM EFEKTIF (LIHAT KALENDER RIIL)

HARI

BULAN

SENIN

KAMIS

JUMLAH

JAM

  1. JULI

1

2

6

  1. AGUSTUS

5

4

18

  1. SEPTEMBER

3

4

14

  1. OKTOBER

5

4

18

  1. NOPEMBER

4

4

16

  1. DESEMBER

0

0

0

JUMLAH

72

  1. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

    Kode : RPP – 02

    Nama Sekolah           : SMP Negeri 3 GIANYAR

    Kelas                          : VII

    Semester                    : 1 (ganjil)

    Mata Pelajaran           : Matematika

    Materi Pokok             : ALJABAR

    Sub Materi Pokok      : 2.a. persamaan linier satu variable.

    2.b. pertidaksamaan linier satu variabel.

    Jumlah                       : 4 x 40 menit

    Pertemuan ke             : 2 (kedua)

     


    1. I.            Standar Kompetensi
    2. Menggunakan bentuk aljabar, persamaan, pertidaksamaan linier satu variable, dan perbandingan dalam pemecahan masalah.

     

    1. II.            Kompetensi Dasar

    1.1  Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan linier satu variable.

    1. III.            Indikator

    1.1.1        Menyelesaikan model matematika suatu masalah yang berkaitan dengan persamaan linier satu variable.

    1.1.2        menyelesaikan model matematika suatu masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan satu variable.

    1. IV.            Pengalaman Belajar
    2. Materi Ajar
      1. Persamaan linier satu variable.
      2. Pertidaksamaan linier satu variabel.

     

    1. Strategi Tatap Muka
    • Model metode/ teknik : model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw.
    • Misalnya : belajar kelompok, dan tanya jawab.
    1. Strategi non tatap muka
    • Pekerjaan rumah (PR).

     

    1. V.            Sarana dan Sumber Belajar
    2. Sarana/perangkat
    • Silabus
    • RPP – 02
    1. Sumber belajar

    Departemen  Pendidikan dan Kebudayaan. 1977.Matematika untuk SMP Jilid 1 s.d.6.Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

     

    1. VI.            Kegiatan  Pembelajaran
    2. Pertemuan pertama

    TAHAP

    LANGKAH PEMBELAJARAN

    WAKTU

    (menit)

    PENDAHULUAN

    1.PENGELOLAAN  KELAS

    • Melakukan absensi
    • Penempatan siswa ( kelompok )
    • Meminta siswa membuka buku siswa.

     

    1. APERSEPSI
    • Mengingtkan/menanyakan pengertian aljabar

    10

     

     

     

     

     

     

    10

    KEGIATAN INTI

     

    1. EKSPLORASI
    • Guru membimbing setiap kelompok belajar mendiskusikan tentang tugas kelompoknya
    • Dengan berdialog, gurumengaitkan materi yang akan dipelajari dengan kehidupan sehari – hari

     

    1. KONSOLIDASI
    • Guru mengtur tempat duduk siswa sesuai kelompok.
    • Guru menjelaskan konsep /sifat/ rumus aljabar.
    • Guru membagikan LKS kepada siswa dilanjutkan dengan menjelaskan cara mengerjakan LKS.
    • Melalui diskusi kelas bersama siswa, membahas kesulitan setelah mengerjakan LKS.

     

    1. PEMBENTUKAN
    • Menanamkan nilai yang terkandung dalam materi ajar untuk membentuk life skiil.

    40

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

    65

    PENUTUP

    1. Memberikan tugas / PR yang harus           dikerjakan siswa dirumah.

     

     

    1. Memberikan evaluasi (postes).

    10

     

     

    20

     

    1. VII.            Evaluasi

    Postes

    1. Jenis tagihan                : Kuis, tes tertulis
    2. Bentuk instrument      : pertanyaan lisan dan tertulis dengan penyelesaian bentuk uraian
    3. Waktu                                     : 1 x 20 menit
    4. Instrument                   :

    No

    No Indikator

    Soal

    Kunci

    1

    1

    1. Seorang pedagang menjual suatu barang dengan harga Rp220.000,00 dan mendapat untung 10% dari harga beli. Tentukan harga beli barang tersebut.
    Jawab :

    Harga penjualan =harga pembelian + untung

    Rp220.000,00 =  pembelian + 10% pembelian

    = 100% pembelian + 10% pembelian

    = (100%+10%) harga pembelian

    =

    Jadi , harga beli = Rp220.000,00

     

    2

    2

    1. Tentukan nilai berikut :
    Jawab :
    3

    3

    1. Jika harga satu kodi (20 lembar) kain adalah Rp500.000,00, tentukan harga per lembar kain tersebut.
    Jawab :

    Misalkan harga satu lembar kain = x maka harga satu kodi kain adalah 20x = Rp500.000,00 sehingga

     

    = 25.000

    Jadi, harga per lembar kain adalah Rp25.000,00

    4

    4

    1. Pak Hamzah mempunyai modal sebesar Rp.500.000,00. Ia akan berdagang minuman dalam botol. Jika harga satu botol minuman Rp1.250,00, berapa botol minuman yang dapat dibeli Pak Hamzah?
    Jawab :

    Misalkan banyak botolminuman = x maka banyak botol minuman yang dapat dibeli Pak Hamzah dapat dicari sebagai berikut :

     

     

     

     

    DENPASAR, 12 JANUARI 2012

    MAHASISWA

    I WAYAN PUTRAWAN

            NIM:……………………..

     

     

     

    III.             STANDAR KOMPETENSI

NO

STANDAR KOMPETENSI

WAKTU IDEAL

(Dalam Jam Pelajaran)

WAKTU TERSEDIA

(Dalam Jam Pelajaran)

I Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan dan penggunaanya dalam pemecahan masalah.

22

30

II Memahami bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linier satu variable.

18

25

III Menggunakan bentuk aljabar, persamaan, pertidaksamaan linier satu variable, dan perbandingan dalam pemecahan masalah.

12

17

JUMLAH

52

72

  1. IV.              STANDAR KOMPETENSI YANG DIPILIH NOMOR : III = 12 JAM PELAJARAN

SILABUS

SEKOLAH                          : SMPN 3 GIANYAR

KELAS                                : VII

SEMESTER                         : I

MATA PELAJARAN         : MATEMATIKA

MATERI POKOK              : ALJABAR

WAKTU                               : 12 JAM

Standar Kompetensi :

Menggunakan bentuk aljabar, persamaan, pertidaksamaan linier satu variable, dan perbandingan dalam pemecahan masalah.

KOMPETENSI

DASAR

SUB-MATERI

INDIKATOR

ALOKASI WAKTU

PENILAIAN

SUMBER/BAHAN

JENIS TAGIHAN

BENTUK INSTRUMEN

1. Membuat model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linier satu variable. 1.a.   persamaan linier satu variable.
  1. Mengubah masalah ke dalam model matematika berbentuk persamaan linier satu variable.
4

Tes

  1. Uraikan bentuk dari
Departemen  Pendidikan dan Kebudayaan. 1977.Matematika untuk SMP Jilid 1 s.d.6.Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
1.b.   pertidaksamaan linier satu variabel. 2.   mengubah masalah ke dalam model matematika berbentuk pertidaksamaan linier satu variable.

Tes

  1. jika a = 2, b = -1, dan c = 1.                  Tentukan nilai 3a+3b-3c.
Departemen  Pendidikan dan Kebudayaan. 1977.Matematika untuk SMP Jilid 1 s.d.6.Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
2.  menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan linier satu variable. 2.a  persamaan linier satu variable. 3. Menyelesaikan model matematika suatu masalah yang berkaitan dengan persamaan linier satu variable. 4

Tes

  1. Jika harga satu kodi (20 lembar) kain adalah Rp500.000,00, tentukan harga per lembar kain tersebut
Departemen  Pendidikan dan Kebudayaan. 1977.Matematika untuk SMP Jilid 1 s.d.6.Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
2.b  pertidaksamaan linier satu variable. 4. menyelesaikan model matematika suatu masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan satu variable.

Tes

  1. Pak Hamzah mempunyai modal sebesar Rp.500.000,00. Ia akan berdagang minuman dalam botol. Jika harga satu botol minuman Rp1.250,00, berapa botol minuman yang dapat dibeli Pak Hamzah?
Departemen  Pendidikan dan Kebudayaan. 1977.Matematika untuk SMP Jilid 1 s.d.6.Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
3.  Menggunakan konsep aljabar dalam pemecahan masalah aritmatika sosial dan sederhana. 3.a  perbandingan dan aritmatika sosial. 5. menghitung nilai keseluruhan, nilai perunit dan nilai sebagian. 4

Tes

  1. Seorang pedagang menjual suatu barang dengan harga Rp220.000,00 dan mendapat untung 10% dari harga beli. Tentukan harga beli barang tersebut.
Departemen  Pendidikan dan Kebudayaan. 1977.Matematika untuk SMP Jilid 1 s.d.6.Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
6. menentukan besar dan pesentase laba, rugi, harga jual, harga beli, rabat, bunga tunggal dalam kegiatan ekonomi. Departemen  Pendidikan dan Kebudayaan. 1977.Matematika untuk SMP Jilid 1 s.d.6.Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

TABEL PROGRAM

Pertemuan

Nomor KD

Sub Materi

Nomor RPP

Nomor Indikator

Waktu

1

1

1a, 1b

RPP – 01

1, 2

4 x 40 menit

2

2

2a, 2b

RPP – 02

3, 4

4 x 40 menit

3

3

3a

RPP – 03

5, 6

4 x 40 menit
Jumlah 12 x 40 menit

Dosen Pembimbing

Tri Djoko Setiono

Denpasar, 23 Desember 2011

Mahasiswa,                                                                   Mahasiswa

I Wayan Putrawan                                                     Kadek Krisnanda Dwija

Posted on Januari 17, 2012, in Pendidikan and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: